Kamis, 14 Mei 2015

Meningitis


Penyakit Meningitis yang Berujung Kematian

Meningitis adalah infeksi pada meninges (selaput pelindung) yang menyelimuti otak dan saraf tulang belakang. Selaput yang mengelilingi sistem saraf pusat ini bisa meradang dan membengkak akibat infeksi. Jika tidak diobati, penyakit meningitis akan menimbulkan komplikasi serius dan semakin lama akan semakin parah. UDoctorians, penyakit meningitis bisa menyerang siapa saja, tak terkecuali entertainer tanah air yang dikabarkan meninggal akibat menderita penyakit meningitis ini. Bagaimana bisa terjadi? Berikut kami bagikan informasinya untuk, Anda:

Penyakit meningitis ini secara umum dibedakan menjadi dua jenis penyakit meningitis, yaitu:
  1. Meningitis bakterialis, disebabkan bakteri seperti Neisseria meningitidis atau Streptococcus pneumoniae dan menyebar melalui kontak jarak dekat
  2. Meningitis virus, disebabkan virus yang bisa menyebar melalui batuk, bersin dan lingkungan yang tidak higienis.

PENYEBAB

Meningitis disebabkan oleh dua mikroorganisme utama, yaitu bakteri (Neisseria meningitides, Streptococcus pneumonia, Haemophilus influenza tipe B (Hib), Escherichia coli dan virus (Enteroviruses, Virus herpes simplex dan lain-lain).

GEJALA
Gejala awal dari meningitis sangat umum dan mirip dengan penyakit lain, di antaranya demam, sakit kepala parah, badan merasa tidak enak, mual, muntah-muntah, wajah akan terasa panas saat disentuh dan kulit akan terlihat memerah. Selain itu, gejala lainnya, antara lain:
  1. Nyeri pada otot dan persendian, misalnya pada tangan dan kaki
  2. Tangan dan kaki akan kedinginan atau bahkan menggigil
  3. Kulit pucat atau muncul bintik-bintik merah yang tersebar
  4. Bibir terlihat biru
DIAGNOSIS
Jika dicurigai mengidap meningitis, perawatan harus dimulai secepat mungkin. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik untuk mencari tanda-tanda meningitis atau septikemia (infeksi darah). Penanganannya tergantung kepada tipe meningitis yang dimiliki. Disarankan untuk segera mencari bantuan medis jika melihat gejala meningitis, terutama jika terjadi pada anak-anak. 

Penyakit Meningitis yang Berujung Kematian
PENATALAKSANAAN
  • Pengobatan meningitis bakterialis dirawat dengan antibiotik atau obat-obatan untuk mengatasi infeksi yang disebabkan bakteri dengan antibiotik. Obat ini diberikan melalui infus ke dalam pembuluh darah di tangan. Jika antibiotik berhasil mengatasinya, maka hanya perlu menghabiskan waktu sekitar seminggu di rumah sakit. Tapi jika kondisi yang terjadi sudah parah, mungkin harus dirawat di rumah sakit selama beberapa minggu atau bahkan beberapa bulan.
  • Pengobatan meningitis virus diperlakukan sama seperti penanganan meningitis bakterialis, yaitu dengan memakai antibiotik dan juga akan diberikan obat antivirus. Ini terjadi ketika kasus meningitis virus bertambah parah dan dirawat di rumah sakit.
PENCEGAHAN
Bakteri atau virus yang menyebabkan meningitis bisa tersebar melalui batuk, bersin, atau berbagai peralatan. Berikut langkah pencegahan meningitis untuk Anda, UDoctorians:
  1. Mencuci tangan
  2. Perilaku hidup bersih dan sehat
  3. Menutup mulut saat bersin atau batuk
  4. Melalui Vaksin.

Artikel ini telah direview dan disetujui oleh dr.Rizky Amelia
 
Source: http://udoctor.co.id/otak--syaraf/penyakit-meningitis-yang-berujung-kematian-read-345.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar