Senin, 02 Juli 2012

Somarasa

SOMARASA


Aåäcduzs" p*iè{rig[y £=a ib/itR .uvnain vajyu" - 

mayaivno mimre ASy mayya n*c=s" iptro g.Rma d/u" --

Arùrucad uûasaá påúniragriya ukûà bibharti bhuvanàni vàjayuá,
Màyàvino mamire asya màyayà nåcakûasaá pitaro garbhamà dadhuá.
(Ågveda: 9.83.3)
Berwarna, yang selalu berada di depan yaitu Dewa Soma (påúniragriya) mencahayakan (arùrucat). Uûavela yaitu cahaya pagi (uûasaá). Pemberi "kesuburan" (ukûà) menginginkan kemajuan (vàjayuá) menerima (bibharti) loka-loka (bhuvanàni). Melalui keistimewaan/kekuatan màyà (màyayà) para pencipta (mayàvino) menciptakan (mamire) para leluhur (pitara) melihat semua manusia (nåcakûasaá) menerima dalam kandungan (garbhamà dadhu).

’Selalu berwarna dan selalu berada paling depan yaitu Dewa Soma yang menyinari uûavela yaitu cahaya pagi. Dewa Soma-lah yang memberi kesuburan dan menginginkan kemajuan dan menopang loka-loka. Melalui kekuatannya yang disebut màyà, para pencipta menciptakan dunia dan para leluhur pun melihat dan menerimanya dalam kandungan mereka’.

Mantra tersebut berasal dari Ågveda. Seperti diketahui dalam Veda, tersebutkan banyak dewa-dewa seperti Dewa Agni, Indra, Viûóu, dan lain sebagainya, juga terdapat Dewa Soma. Mengenai Dewa Soma disebutkan sebanyak 120 sùkta. Sùkta adalah kumpulan beberapa mantra, su berarti baik dan ukta berarti ucapan. Mengenai asal-usul tentang Dewa Soma terdapat dalam banyak mantra dan banyak ahli Veda memberikan definisi berbeda tentang Dewa Soma.  

Úrì Aurobindo mengatakan Soma adalah sebuah minuman amåta dan melalui ini para dewa pun mendapatkan mokûa. Dalam Ågveda pun dijelaskan mengenai asal-usul Dewa Soma. Terdapat sebuah gunung yang disebut Maujavat di mana Soma tumbuh. Soma adalah sebuah pohon yang terdapat di Maujavat. Melalui tumbuhan soma dapat dibuat somarasa atau minuman soma. 

Somarasa dibuat dari satu dengan dua batu lalu dikeluarkan air. Air tersebut disaring yang dibentuk dari bulu domba, lalu ditaruh dalam tempat yang disebut droóa. Juga terdapat beberapa mantra yang menjelaskan Somarasa, bisa juga dibuat dengan campuran susu, yoghut dan yava (gandum). Oleh karena itu, somarasa yang merupakan campuran ketiga bahan tersebut dinamai "tryasir"

Somarasa begitu penting bagi para dewa, seperti Dewa Indra pun sebelum menghancurkan raksasa Våtra terlebih dulu minum somarasa ini, lalu mendapatkan kemenangan. 

Juga disebutkan pohon soma yang terdapat di gunung Maujavat, pertama-tama seekor burung bernama Utkroúa yang membawa dari surga. Pohon soma juga disebut rajanya segala pohon yaitu dengan nama Vanaspati.

Pada awalnya somarasa dibentuk untuk mendapatkan mokûa, tetapi lama-kelamaan hal demikian berubah dan somarasa pada zaman modern berubah bentuk yaitu menjadi minuman keras (wine).

Dewa Soma mempunyai hubungan dengan banyak dewa. Soma adalah sebuah minuman yang membersihkan badan manusia. Beberapa sarjana juga menjelaskan, sinonim soma adalah air yang dapat membersihkan badan, yang menyuburkan semua anggota badan. Manusia baru bisa meningkatkan somarasa bila suka bekerja keras.

Dalam mantra di atas dikatakan Dewa Soma-lah yang menyebabkan kecemerlangan pagi. Melalui kekuatan Soma, Pencipta menciptakan loka ini. Bahkan para pitara (leluhur) pun agar berhasil menerima soma dalam kandungan mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar