Senin, 02 Juli 2012

Sahabat

SAHABAT


SviSt pNqamnu crem sUyaRcNd–msaivv - 

pundRdta `{ta janta s' gmemih --

Svasti panthàmanu carema sùryà candra masàviva,
Punar dadatà ghnatà jànatà saý gamemahi.
(Ågveda: 5.51.15)
Oh Tuhan, semoga kami mengikuti (anucarema) jalan yang baik (svasti pan-thàm) seperti matahari dan bulan (sùryàcandramasau iva). Dengan mengikuti jalan yang benar (punaá), kami akan bergaul dengan orang yang suka memberi dana punia (dadatà), tidak suka meyakiti orang lain (aghnatà), dan orang yang mengambil suatu keputusan dengan bijaksana (jànatà). Semoga kami mendapat teman seperti mereka.

’Oh Tuhan, semoga kami dapat mengikuti jalan yang baik di dunia ini seperti matahari dan bulan. Dengan berjalan di jalan yang benar semoga kami mempunyai sahabat yang suka berderma (memberi dana punia) dan tidak suka menya-kiti orang lain, dan dapat mengambil keputusan dengan bijaksana’.

Mantra di atas menjelaskan bagaimana kehidupan mestinya dijalani di dunia ini. Terdapat kata 'sùryàcandramasàviva' yang berarti seperti matahari dan bulan. Menurut Veda, kita perlu belajar dari alam yang melaksanakan tugasnya dengan setia dan teratur, seperti matahari yang secara teratur terbit di pagi hari untuk menyinari dunia dan tenggelam di sore hari.

Bagian akhir mantra tersebut menjelaskan tentang tiga jenis manu-sia yang sebaiknya kita jadikan sahabat.  

Dadatà adalah orang yang suka memberi dana punia atau suka menolong orang lain.  

Aghnatà adalah orang yang tidak suka menyakiti binatang dan sesama melalui perbuatan (karma), ucapan dan pikiran.  

Jànatà adalah orang yang selalu mengambil keputusan secara bijaksana. 

Seorang penyair Sanskreta menulis 'sahasà na vidadhita kàryam' yang berarti jangan mengambil suatu keputusan tanpa berpikir panjang. Sering orang mengambil keputusan dengan cepat namun menyesalinya kemudian.

Dengan demikian mantra tersebut mengajarkan kita dua hal. Yang pertama adalah supaya kita hidup secara teratur menuju jalan yang benar sehingga tercapai kehidupan yang harmonis dan damai. Tujuan hidup kita sebaiknya seperti matahari dan bulan yang tidak pernah meminta apa pun dari dunia ini. 

Satu-satunya yang mereka tahu adalah memberi kepada umat manusia. Sebaiknya kita hidup di dunia ini tidak mementingkan diri sendiri, melainkan untuk melayani orang lain. Yang kedua adalah supaya kita memilih bergaul dengan orang yang mempunyai sifat dadatà, aghnatà, dan jànatà

Sahabat yang baik adalah sahabat yang menjauhkan kita dari dosa, selalu memikirkan kebaikan, pandai menyembunyikan rahasia, selalu menceritakan kebaikan, melindungi dari bahaya, dan menolong saat kita dalam kesulitan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar