Senin, 02 Juli 2012

Mantra Samanwaya

SAMANVAYA MANTRA


s' gC^?v' s' vd?v' s' vo mna'is jantam( - 

deva .ag' yqa pUveR s'janana £paste --

Saý gacchadhvaý saý vadadhvaý saý vo manàýsi jànatàm,
Devà bhàgaý yathà pùrve saýjànànà upàsate.
(Ågveda: X.191.2)
Wahai manusia, berjalanlah bersama (saý gacchadhvam), berbicaralah bersama (saý vadadhvaý) dan berpikirlah bersama (saý vo manàýsi jànatàm) seperti yang dijalani oleh para leluhurmu (devàbhàgaý pùrve), demikian (yathà) juga hendaknya kamu lakukan (saýjànànà upàsate).

’Wahai manusia berjalanlah bersama, berbicara dan berfikir-lah bersama, seperti yang telah dijalani oleh para leluhurmu. Demikian pula hendaknya kamu lakukan’.

Mantra di atas berasal dari Ågveda, yaitu sùkta terakhir. Di situ terdapat perintah langsung dari Tuhan kepada umat manusia. Dalam Veda memang dijelaskan bahwa walaupun manusia mempunyai pendapat dan pikiran yang berbeda, mereka tidak akan bahagia bila tidak bersatu.

Sebaiknya kita berjalan bersama dalam satu tujuan. Kita mesti selalu berkata baik dan benar sehingga semua orang bisa mempercayai ucapan kita. Di samping berjalan dan berbicara bersama, kita juga perlu berpikir bersama. Tuhan memerintahkan umat manusia menjadi satu dan menganggap seluruh dunia adalah keluargan-Nya. Jika kita terbagi dalam kelompok-kelompok dan menganggap diri sendiri segala-galanya, akan muncul sikap diskriminatif terhadap sesama.

Melalui mantra tersebut Tuhan memerintahkan supaya kita lebih baik menyingkirkan segala kebencian dan bersatu, dan supaya kita melupakan sikap saling menghujat, berbicara bersama, dan menjauh-kan sifat iri hati serta menyatukan pikiran demi kebahagiaan seluruh umat manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar