Senin, 02 Juli 2012

Kehadiran Tuhan

KEHADIRAN TUHAN


Tvmg{e yDana' hota ivëeza' iht" - devei.maRnuze jne --
Tvamagne yajñànàý hotà viúveûàý hitaá, devebhir mànuûe jane.
(Sàmaveda: 1.2)

Oh Tuhan (agne) Engkau (tvam) pendorong (hotà) karma yang utama (yajñà-nàm) dan Engkau Maha Penolong (hitaá) semua umat manusia (viúveûàm) dengan sifat-sifat utama-Mu (devebhiá) hadirlah Engkau dalam hati manusia (mànuûe jane).

’Oh Tuhan, Engkau adalah pendorong karma yang utama. Engkau penolong umat manusia dengan sifat-sifat utama-Mu. Hadirlah Engkau dalam hati kami’.

Pengaruh màyà (kegelapan) dalam kehidupan begitu kuatnya yang menyebabkan manusia lupa dan tidak sadar akan hubungan dirinya dengan Tuhan. Kegelapan tersebut juga menyebabkan adanya perputaran kelahiran dan kematian. Àcàrya Úaòkara menjelaskan bahwa màyà adalah suatu kekuatan Ìúvara yang membuat manusia tidak mengenal dirinya sendiri. Seseorang yang sudah mampu menjauhkan diri dari pengaruh màyà, akan bisa melaksanakan karma-karma utama, seperti menolong semua mahluk hidup, cinta kasih terhadap sesama, dan sebagainya.

Dalam mantra di atas dikatakan bahwa Tuhan mendorong manusia untuk melaksanakan karma-karma utama. Bagaimana pun bebasnya manusia melakukan karma sesuai dengan keinginannya, hasilnya tergantung pada Tuhan. Jika seseorang menyerahkan diri (pasrah) kepada Tuhan, pada saat itu pula Tuhan akan membimbing orang tersebut melakukan karma-karma yang baik. Dalam mantra tersebut juga dimohon supaya Tuhan menjadi pemimpin dalam kehidupan ini.

Di samping itu, pada waktu seseorang menyerahkan diri kehadapan Tuhan, muncul dalam dirinya sifat-sifat yang dinamakan sàttvika. Jadi, dengan mantra di atas kita memohon supaya kita selalu bisa melakukan karma-karma yang baik dan dihindarkan dari karma-karma yang dapat menimbulkan dosa dan pàpa

Dengan demikian, seseorang yang telah memiliki sifat-sifat sàttvika dalam dirinya akan mengantarkannya menuju Tuhan. Mantra tersebut berasal dari Sàmaveda. Biasanya mantra-mantra Sàmaveda diucapkan secara pelan, karena pengucapan mantra tersebut bersifat khusus dalam chanda. Chanda merupakan suatu konsep untuk menyanyikan mantra-mantra tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar