Senin, 02 Juli 2012

Prarthana

PRÀRTHANÀ


Ag{ AayU'iz pvs_AasuvojRimzÆ n" - Aare ba/Sv duC^unam( --
Agna àyùýûi pavasa 'àsuvorjamiûañca naá, àre bàdhasva ducchunàm.
(Yajurveda: 19.38)
Oh Tuhan (Agne) berikanlah umur yang panjang (àyùmûi), sucikanlah hidup ini (pavasa), berikanlah kekuatan (urjam) dan suburkanlah (àsuva) semua tanaman (iûan). Jauhkanlah (àre bàdhasva) pikiran yang jahat ( ducchunàm).

’Oh Tuhan, berikanlah kami umur panjang dan kekuatan. Juga sucikanlah hidup kami dan jauhkanlah kami dari pikiran jahat. Semoga juga Engkau memberikan kesuburan kepada semua tanaman kami’.

Setiap manusia di dunia ini mempunyai keinginan untuk hidup bahagia. Salah satu bentuk kebahagian yang dinginkan adalah dengan hidup berumur panjang. Dalam Veda, diharapkan supaya kita bisa hidup sampai tua dan selama seratus tahun. 

Selama hidup itu, indera-indera yang ada pada diri kita akan aktif mendengar, melihat dan, merasakan. Dalam mantra tersebut dimohon supaya kita mendapat umur panjang dan tidak meninggal sebelum saatnya yang tepat. Kita memohon agar tidak mati saat muda atau mati dalam suatu kecelakaan, sakit dan lain-lainnya.

Hal kedua yang dimohon adalah kesucian pada diri manusia. Ada banyak yang bisa hidup selama seratus tahun dan bahkan lebih. Tetapi, dengan umur yang begitu panjang, belum tentu dia bisa menyucikan diri dari segala pàpa/dosa. Seperti diketahui, setiap perbuatan mengandung kepapaan ataupun sebaliknya, memiliki nilai kebaikan. 

Seseorang yang rajin sembahyang dan sering mengucapkan mantra, akan dapat menyucikan dirinya sendiri. Dengan cara itu, pikiran akan menjadi tenang dan tidak akan terpengaruh atau tergoda oleh hal-hal yang tidak baik dan jahat. Para yogi dan para åûi yang telah menyucikan diri dengan bertapa, akan menjadi apta puruûa yang berarti apapun yang mereka ucapkan selalu benar. 

Apapun yang mereka pikirkan selalu penuh dengan nilai kebaikan yang bermanfaat bagi umat manusia. Mereka juga mampu mengubah pikiran umat manusia ke jalan yang benar dengan kekuatan yang didapatkan dari Tuhan. 

Hal ketiga yang dimohon dalam mantra, adalah mendapatkan kekuatan fisik. Dalam peribahasa Inggris dikatakan: A healthy mind needs healthy body, yang artinya, Pikiran yang sehat membutuhkan badan yang kuat.

Dalam mantra tersebut dimohon juga supaya selalu tersedia cukup sandang pangan. Kita memohon dari hasil kerja keras, kita akan menghasilkan sandang pangan yang berlimpah sehingga cukup un-tuk memenuhi kebutuhan makanan dan minuman bagi kelangsungan hidup manusia. Dengan demikian, kelaparan tidak akan menimpa umat manusia. 

Hal terakhir yang dimohon adalah supaya kita dijauhkan dari segala pikiran jahat. Oleh karena itu, sebelum suatu perbuatan dilaku-kan, pertama-tama dalam pikiran semuanya diolah. Jelasnya, sebelum kita melaksanakan suatu perbuatan, kita harus berpikir tentang perbuatan itu: apakah tujuannya, waktunya, hasilnya dan sebagainya. Untuk itulah pikiran yang jernih, baik, dan suci dimohonkan kepada Tuhan untuk diri kita. Jika pikiran kita sudah baik, perbuatan dan langkah kita pasti juga akan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar