Senin, 02 Juli 2012

Pahala ber-Yajna

Pahala dari Yajna


p[at" p[atg*RhpitnoR Aig{" say'say' sOmnsSy data - 

vsovRsovRsudan E/¢N/anaSTva xt'ihma ¨/em --

Pràtaá pràtargåhapatirno agniá sàyaýsàyaý saumanasasya dàtà,
Vasorvasor vasudàna edhìndhànàstvà úataýhimà ådhema.
(Atharvaveda:19.55.4)
Setiap pagi (pràtaápràtaá) kami (na) dalam yajña mengundang Dewa Agni sebagai dewanya rumah, (gåhapati) dan pada malam hari Dewa Agni membe-rikan kebahagiaan, kesehatan, dan kekayaan (saumanasasya dàtà); karena itu Tuhan adalah memberi kekayaan (vasudànah); supaya kita menjadi kaya (dhàna); dan kita seratus tahun (úataýhimà) hidup di dunia ini (ådhema).

’Setiap pagi kami mengundang Dewa Agni sebagai dewanya rumah dalam upacara yajña tersebut. Sebaliknya pada malam hari Dewa Agni memberikan kami kebahagiaan, kesehatan, dan kekayaan. Oleh karena itu, Tuhan sebagai pemberi kekayaan, menyebabkan kita kaya dan hidup bahagia selama seratus tahun’. 

Dalam mantra tersebut disebutkan bahwa jika seseorang memuja Dewa Agni pada pagi hari, maka pada malam harinya Dia akan memberikan kebahagiaan, kesehatan, dan kekayaan. Kata "saumana-sasya" berarti seorang yajamàna yang melaksanakan yajña setiap hari akan diberikan karunia (vasudànaá) oleh Dewa Agni supaya sang yajamàna (pelaksana yajña) selalu berbahagia dengan keluarganya. "vasudànaá" berarti memberikan kekayaan kepada manusia. 

Dijelaskan bahwa pelaksana yajña selalu mendapatkan kekayaan (berkah) dari Tuhan. Di akhir mantra tersebut dijelaskan bahwa seorang pelaksana yajña hidup seratus tahun dengan dilimpahi kekayaan, (kesejahteraan) dan akan jauh dari kemiskinan. Jelas bahwa seseorang yang mampu melaksanakan yajña setiap hari akan bisa mencapai kehidupan 100 tahun, dan Tuhan sendiri akan memberikan kekayaan kepada sang yajamàna karena Tuhan sendiri adalah "vasudànah".

Dalam mantra tersebut juga diminta kepada manusia supaya selalu melaksanakan sembahyang dan yajña. Hal tersebut perlu menjadi bagian dari kehidupan kita sendiri. Untuk itu dikatakan jika seseorang ingin hidup lama tanpa kesulitan di dunia ini, ia perlu setiap hari memuja Tuhan, dan nanti Tuhan sendiri akan menolong dengan kekuatan-Nya. 

Memang kita diberi kebebasan untuk hidup di dunia ini, tetapi agar dalam kehidupan ini kita selalu bahagia dan hidup tenang, Veda memberikan ajaran kepada umat manusia supaya mereka melaksanakan yajña setiap hari. Dalam Veda juga disebutkan bahwa tidak ada jalan lain (nànya panthà vidat ayanaya) selain menerima wahyu Tuhan atau selain menyerahkan segalanya (pasrah) kepada Tuhan. 

Di sini dijelaskan bahwa kita perlu melaksanakan karma yang baik, dan karma yang terbaik adalah melaksanakan yajña sebagaimana ungkapan "srethatamàya karmaóe" (Yajurveda). Brahman Grantha mengatakan "svarga kamoyajet" yang artinya seseorang yang ingin mendapatkan surga harus melakukan yajña.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar