Selasa, 17 Januari 2012

Menganalisa



Jika ada sebuah kebudayaan baru datang ke hadapan Anda, upayakan Anda mampu menganalisanya dengan sebaik-baiknya. Sesungguhnya cara Anda menganalisa itu akan menciptakan sebuah ruang hidup yang lebih nyata, ruang kehidupan yang lebih baik sepanjang masa. Hanya orang-orang tertentu yang mampu menganalisa berbagai kemungkinan dalam kehidupannya, hanya orang yang memiliki etos yang baik, memiliki cara kerja yang lebih sempurna ke depan. Karena itulah, Anda harus berupaya menjadikan ruang hidup Anda menjadi lebih bisa menerima sesuatu hal baru yang kontributif.


Ketika Anda berhadapan dengan suatu hal baru yang kurang baik, maka hendaklah Anda mengupayakan agar hidup Anda bisa lebih baik dan lebih sempurna. Anda pun memiliki kenyataan hidup yang lebih sempurna, kenyataan hidup yang bisa dijadikan pegangan dalam hidup Anda. Jika Anda memang manusia yang menginginkan untuk mengembangkan diri menjadi lebih sempurna, Anda harus berupaya menciptakan iklim berpikir, membiasakan diri terus menerus berkembang. Cobalah pelan-pelan hingga dengan sendirinya Anda bisa.

Mendengarkan orang lain bukanlah sesuatu yang gampang, sebab jarang sekali manusia di muka bumi ini yang mampu menjadi pendengar setia. Hanya orang yang sifat egoisnya mulai melemah, mereka akan mendengarkan orang lain, dan setelah itu mereka akan menganalisanya dengan sebaik-baiknya. Anda memiliki cara yang tepat untuk mendapatkan sesuatu yang lebih baik, sebab banyak orang yang menghadapi budaya baru yang baik, kemudian menjadi kurang baik karena cara menghadapinya kurang baik. Itu juga bisa menjadi masalah dalam kehidupan Anda.

Orang yang dalam hidupnya mampu menganalisa, tentu saja mereka akan semakin bisa membedakan yang mana yang harus dilakukan dan yang mana yang semestinya ditinggalkan. Dalam sebuah pepatah dikatakan : al-mukhafadatu bi al-qadimi al-shaleh wa al-’akhdu bi al-jadidi al-ashlah artinya mempertahankan tradisi lama yang kreatif dan mengambil tradisi baru yang lebih kontributif. Cara itu bisa diterapkan dalam dunia pewayangan, sekaligus bisa diterapkan dalam kehidupan Anda dan bisa dianalisis sedemikian rupa sehingga mencapai kematangan yang sempurna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar