Sabtu, 15 Desember 2012

Planet Yang Hidup - Pustaka Ilmu Pengetahuan


Jenis-jenis binatang tertentu sekarang hanya terdapat di bagian-bagian tertentu di Bumi, karena rintangan-rintangan alam seperti samudera dan gunung telah memisah-misahkan Bumi selama jutaan tahun. Tetapi di tempat di mana terdapat jenis makanan yang sama, bermacam-macam jenis binatang telah berkembang menjalankan cara hidup yang sama, misalnya antilop makan rumput di padang rumput Afrika, sedangkan kanguru di padang rumput Australia.

Bison dan rusa besar terdapat di daerah Nearktis, yang meliputi Amerika Utara
dan Greenland. Daerah ini pernah dihubungkan dengan Asia oleh jembatan daratan.






Tenggiling dan kukang hidup di Amerika Selatan dan Tengah, daerah Neotropis.
Mereka menggunakan ekor mereka untuk berpegangan dan menjaga keseimbangan.



Wilayah (zone) Ethiopia meliputi sebagian besar Afrika, Madagaskar, dan beberapa bagian dari Arabia.
Zebra, kera dan banyak kucing besar hidup di sini.



Landak kecil, rusa randuk dan keledai liar Asia hanya hidup di daerah Palaearktik.



Asia Selatan, Indonesia dan Filipina merupakan daerah Timur.
Siamang, orang utan dan binatang hantu hidup di sini.



Emu, kanguru, koala dan sebagian besar binatang berkantung
hanya terdapat di daerah Australia.



Semua kehidupan terdapat antara 9000 m di atas muka laut dan 10.800 m di bawahnya.
Tetapi sebagian besar terdapat pada kurang lebih ribuan m dari muka laut.



Hampir semua benua besar saling dipisahkan oleh ribuan km samudera. Samudera jadi penghalang bagi penyebaran binatang, yang tidak memungkinkan binatang pergi atau pindah ke tempat lain. Bahkan di perbatasan antara dua benua, ada rintangan lain seperti gunung, gurun pasir yang ganas dan iklim yang tak nyaman.
Enam wilayah kehidupan binatang yang terdapat sekarang (lihat peta) adalah hasil dari segala perubahan geografis dan iklim yang telah terjadi di Bumi. Di masing-masing daerah, rintangan alam menyulitkan binatang pindah ke daerah lain. Di tempat dengan rintangan yang sudah ada sejak jutaan tahun, kelompok binatang tertentu telah berkembang dan tidak terdapat di tempat mana pun.


Rintangan alam yang besar


Gurun Sahara menjadi rintangan bagi kebanyakan binatang di zone Ethiopia. Sedikit saja yang dapat melintasi daerah tandus yang panas dan kering ini. Tembok padat pegunungan Himalaya merupakan rintangan antara daerah Palaearktik dan Timur.

Laut yang disebut Selat Bering memutuskan Nearktik dari Palaearktik. Tetapi belum lama berselang masih ada jembatan daratan antara keduanya, yang dipergunakan oleh manusia waktu pindah ke Benua Baru kira-kira 40.000 tahun yang lalu. Sekarang laut menutupi jembatan itu dan merupakan rintangan bagi perpindahan di daratan.
Australasia telah putus dari Asia lebih dari 130 juta tahun. Daerah ini mempunyai kumpulan binatang menyusui berkantung, yang tidak terdapat di tempat lain mana pun.
Dulu Amerika Selatan juga pemah memiliki banyak binatang berkantung. Tetapi mulanya 10 juta tahun yang lalu Gentingan Panama merupakan jembatan daratan antara Amerika Utara dan Selatan. Binatang menyusui yang lebih tinggi tingkat perkembangannya mengembara dari utara melintasi gentingan ini dan masuk ke Amerika Selatan. Kebanyakan binatang berkantung tidak dapat bersaing dalam hal mendapatkan makanan dengan pendatang baru ini dan berangsur-angsur menjadi punah.




Manusia Di Bumi  
Tidak ada binatang menyusui lain yang begitu tersebar ke mana-mana seperti manusia. Hampir setiap sudut Bumi ditempati manusia yang berkembang dengan cepat. Sekarang di Bumi ada lebih dari 6.5 miliar orang dan jumlah penduduk meningkat terus.(Pada tanggal 19 Oktober 2012 pukul 03.36 WIB, jumlah penduduk dunia akan mencapai 7 miliar jiwa). Banyak bagian di Bumi begitu padat, sehingga manusia tidak dapat menghasilkan cukup makanan untuk keperluannya. Dan jika jumlah penduduk terus bertambah maka ancaman kelaparanpun terus meningkat.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar