Kamis, 13 Desember 2012

Cuaca Beraksi - Pustaka Ilmu Pengetahuan

Diatur oleh susunan tekanan kuat, kelompok udara yang besar bergerak melalui muka Bumi dan membentuk berbagai-bagai keadaan cuaca.
Setiap menit enersi sebesar 22.000 juta daya kuda mengalir dari matahari ke muka Bumi. Enersi ini memanaskan daratan dan samudera. Tetapi sinar matahari tidak jatuh merata di atas muka Bumi yang lengkung itu. Katulistiwa menerima panas lebih banyak dari kutub. Jadi adanya enersi matahari atau kekurangan enersi itu menyebabkan udara bergerak. Hal pembagian enersi yang tidak merata inilah yang menciptakan berbagai-bagai cuaca.
Udara yang dipanaskan memuai dan naik ke atas, menciptakan daerah tekanan rendah. Udara dingin yang padat turun dan menciptakan daerah tekanan tinggi. Ada peredaran udara umum antara daerah tropis dan kutub yang berusaha meratakan perbedaan ini. Tetapi peredaran udara dikacau oleh putaran bumi, oleh benua dan samudera yang menjadi panas dan dingin dengan kecepatan yang berbeda-beda.
Sebagai hasil dari semua pengaruh ini, massa udara “mengembara” mengelilingi muka Bumi. Berbagai-bagai massa udara mempunyai bermacam-macam suhu dan mengandung berbagai-bagai jumlah uap air. Jadi hasilnya juga berbagai-bagai cuaca. Batas massa udara ditandai oleh front. Front dingin ialah batas antara massa udara panas dan dingin yang mengikutinya. Front panas sebaliknya. Di daerah sedang, cuaca dapat berubah banyak dari hari ke hari, karena udara panas dan dingin bertemu di daerah ini, menciptakan daerah tekanan rendah dengan angin puting beliung yang disebut depresi. Depresi menyebabkan cuaca tidak tetap.

Gumpalan-gumpalan awan yang berolak, yang ditiup angin
dengan kecepatan 240 km per jam, berputar mengelilingi mata topan


.

Skema di atas adalah peta sebuah gambar besar dari suatu depresi (daerah tekanan rendah),
yang dapat dilihat di bawah. Ia memperlihatkan daerah hujan (daerah yang bertitik-titik),
arah-angin (anak-anak panah pendek), dan batas daerah tekanan udara (lingkaran tertutup).
Anak panah besar menunjukkan arah gerakan depresi.




Tornado ialah pusaran angin berbentuk cerobong yang disebabkan oleh suatu susunan
tekanan rendah yang kecil tetapi kuat. Beberapa detik sesudah gambar ini diambil,
tornado ini menghancurkan bangunan-bangunan dan menumbangkan pohon-pohon.
Tornado bergerak dengan kecepatan 80 km perjam, tetapi kecepatan angin di dalamnya
mungkin mencapai 640- 800 km per jam.
Setiap tahun kurang lebih 500 tornado melanda Amerika Serikat.




Perkembangan suatu depresi. Jika massa udara dingin dan panas bertemu (1), maka terjadilah gelombang udara. Gelombang udara ini mempunyai dua front, yang panas dan yang dingin (2). Udara :dingin berputar mengelilingi yang panas dan menyusuk kebawahnya (3). Udara panas didesaknya ke atas (4). Depresi membawa hujan, sebab udara panas mendingin waktu naik ke atas dan tidak dapat mempertahankan semua uap airnya. Sebagian jatuh sebagai hujan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar