Senin, 03 Desember 2012

Asal mula Bumi - Pustaka Ilmu Pengetahuan

Asal mula Bumi
Bagaimana Bumi dibentuk? Menurut anggapan beberapa teori terbentuknya Bumi akibat dari malapetaka, misalnya sebuah bintang hampir bertabrakan dengan matahari (lihat kiri).
Teori “malapetaka” yang lain berdasar pemikiran bahwa pada suatu ketika matahari mempunyai “teman” sebuah bintang, yang meledak dan meninggalkan sedikit bahan yang terjebak dalam pengitaran mengelilingi matahari. Bahan inilah yang mungkin membentuk planet-planet yang beredar itu.
Sekarang kita percaya bahwa seluruh Tata Surya dibentuk dari awan gas dan debu yang berputar. Di bawah pengaruh gaya berat awan itu menyusut. Suhu dan tekanannya bertambah tinggi, hingga menjadi matahari yang panas membakar. Sambil berputar cepat, melepaskan cincin debu yang memadat membentuk Bumi yang padat dan planet lain.


     Menurut teori perkembangan, pada mulanya Tata Surya merupakan awan gas yang dingin. Waktu menyusut oleh pengaruh gaya berat, dibentuknya matahari dan planet-planet. Penyusutan ini menyebabkan naiknya suhu matahari, sehingga diciptakannya suatu rangkaian reaksi nuklir. Selanjutnya menurut teori ini, jutaan tahun sejak sekarang, matahari akan membesar, “menghabiskan” planet-planet dan akhirnya menjadi hitam dan dingin kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar