Rabu, 15 Agustus 2012

YOGA VASIÛÞHA - Mengenal Hinduisme



Andakah Yoga Vasiûþha yang terkenal itu?
Yoga Vasiûþha adalah salah satu kitab suci Hindu yang ditulis pada abad ketujuh sebelum Masehi, karena kitab ini muncul dari epos besar Ràmàyaóa, maka banyak pendapat yang menyatakan bahwa åûi Vàlmìki memiliki andil dalam penyusunan kitab ini. Yoga Vasiûþha terdiri dari 29.000 sloka. Segala aspek filsafat Hindu dari teori Sàýkhya hingga Vedànta tersirat didalam Yoga Vasiûþha ini. Yang menjadi figur utama dalam kitab ini adalah Ràma dan åûi Vasiûþha. Sebagaimana dalam kitab suci Bhagavad Gìtà, kitab ini juga adalah dialog antara avatàra Úrì Ràma dan åûi Vasiûþha. Åûi Vasiûþha mengajarkan Ràma tentang berbagai aspek kehidupan.

Vasiûþha adalah sebuah figur yang memainkan peran penting dalam Hinduisme. Manu menyebutnya sebagai salah satu eksponen Hindu. Adi Úaòkaràcàrya menyebutnya sebagai  åûi pertama dalam ajaran Vedànta. Salah satu bagian terpenting dalam kitab ini adalah ajaran tentang pikiran. Menurut kitab ini, ketika pikiran bervibrasi, maka dunia tercipta, dan jika pikiran berhenti bergetar maka dunia ini sirna.
Gaya bahasa yang digunakan dalam kitab ini sangat puitis. Kitab ini dipenuhi dengan ajaran yang fantastis dan sangat filosopis. Vàlmìki mengakhiri kisah ini dengan pernyataan bahwa siapa saja yang mendengarkan dialog antara åûi Vasiûþha dan Úrì Ràma itu akan mendapatkan pembebasan dan mencapai pengetahuan tentang Brahman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar