Kamis, 05 Juli 2012

Dewa Agni dan Para Maharesi

DEWA AGNI DAN PARA MAHARÛI

Aig{" pUveRi.¨Rizi.r¢@)o nUtnWät - s deva\ Eh v=it --
Agniá pùrvebhir åûibhir ìðyo nùtanair uta, sa devàý eha vakûati.
(Ågveda: 1-1-2)
Dewa Agni (agniá) yang disembah/dipuja (ìðyaá) oleh para åûi (åûibhiá) baik åûi-åûi yang hidup dahulu kala (pùrvebhiá) maupun para åûi yang hidup bela-kangan (nùtanair). Semoga Dewa Agni tersebut (saá) membawa (vakûati) para dewa (devàn) lainnya ke sini di tempat yajña (iha).
’Deva Agni yang dipuja oleh para åûi pada zaman dahulu sampai saat ini dan semoga Deva Agni membawa serta para dewa lainnya ke tempat yajña ini’.
Mantra tersebut berasal dari Ågveda. Dalam mantra tersebut dimohon kepada Dewa Agni supaya memanggil para dewa lainnya untuk menghadiri dan memberkati yajña yang dilakukan oleh yajamàna
Dalam mantra tersebut terdapat kata 'åûibhiá', yang berarti para åûi terdahulu seperti åûi Bhågu, Åûi Aògiras dan lainnya memuja Dewa Agni dan demikian pula para åûi yang baru. 

Dalam Nirukta, Yaúkà-càrya membahas mengenai para åûi di mana disebutkan "åûayo mantradåûþàraá" yang berarti para åûi adalah yang menerima mantra-mantra (wahyu) dari Tuhan, atau para åûi-lah yang mengetahui mantra-mantra lewat meditasi. Jadi, para åûi dahulu kala sudah dipastikan pernah memuja Dewa Agni
Terdapat banyak contoh dalam Upaniûada Brahmaóagrantha dan Àraóyaka yang menjelaskan bahwa para åûi sering melakukan yajña. Yajña tidak bisa disempurnakan tanpa pemujaan terhadap Dewa Agni, karena melalui Dewa Agni, sesajen yang dipersembahkan dalam yajña akan diteruskan ke dewa yang lain.
Sejarah manusia membuktikan, bahwa Dewa Agni adalah dewa yang mahapenting karena kehadirannya memberikan peranan yang begitu besar kepada kehidupan umat manusia. Kehadirannya dapat disimbulkan dalam kehidupan manusia sehari-hari dengan api. Tanpa api jelas manusia tidak bisa bertahan hidup. 
Dengan demikian dapat diketahui bahwa Veda memandang begitu pentingnya kita memuja Dewa Agni yang merupakan dewa yang begitu utama dan mulia, supaya kita mendapatkan karunia-Nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar