Senin, 02 Juli 2012

Abhaya

ABHAYAM


A.aya' im]ad.ymim]ad.y' Datad.y' pro=at( - 

A.y' nµm.y' idva n" svaR Aaxa mm im]' .vNtu --

Abhayaý mitràdabhayamamitràdabhayaý jñàtàdabhayaý parokûàt,
Abhayaý naktamabhayaý divà naá sarvà àúà mama mitraý bhavantu.
(Atharvaveda: 19.15.6)
Oh Tuhan semoga saya tidak takut pada teman (abhayam mitràd); semoga saya tidak takut pada para musuh (abhayamamitràd), semoga saya tidak takut dari yang dikenal/para ahli (abhayam jñàtàd), semoga saya tidak takut dari orang-orang yang tidak dikenal/orang bodoh (abhayam parokûàt). Semoga saya tidak takut pada malam hari (abhayam naktam), demikian pula pada siang hari (abhayam divà) dan semoga seluruh penjuru (sarvà àúà) menjadi sahabat saya (mama mitram bhavantu)

"Oh Tuhan, semoga saya tidak takut pada teman, semoga saya tidak takut pada para musuh, semoga saya tidak takut pada yang dikenal/para ahli, semoga saya tidak takut pada orang-orang yang tidak dikenal/orang bodoh. Semoga saya tidak takut pada malam hari, demikian pula pada siang hari dan semoga seluruh penjuru menjadi sahabat saya."

Setiap manusia ingin agar dapat hidup bahagia tanpa ketakutan di dunia ini. Manusia biasanya takut kehilangan jabatan, takut kehi-langan kekayaan dan takut dari manusia lain. Ketakutan-ketakutan inilah yang menjadi masalah, sehingga manusia menjadi semakin sempit dan akhirnya mulai mengkotakkan diri atau hanya berpikir sebatas keluarga saja. 

Oleh karena itu, dalam Veda dibahas secara mendetail agar manusia bisa hidup tanpa ketakutan dan mendapatkan kekuatan abhayam yang berarti keberanian, berani melawan kejahatan, ketidak adilan dan lain-lainnya. Kekuatan abhayam dimohon dari Tuhan agar manusia tidak takut dalam kehidupan ini. Abhayam mantra sangat penting pada jaman sekarang ini, di mana manusia takut pada atasan dan melihat ketidakbaikan, tapi tidak berani bicara.

Demikian juga, jika di depan mata melihat kejahatan tetapi tak bisa berbuat apapun, karena ketakutan kehilangan jabatan dan lain-lain. Hal ini semua diatasi bilamana manusia mengungkapkan mantra abhayam yang memberikan sebuah kekuatan agar manusia tidak lagi hidup dalam ketakutan.

Dalam mantra pertama-tama dijelaskan agar kita tidak takut pada mitra (teman). Mengapa demikian karena para temanlah yang mengetahui semua rahasia kita. Dan biasanya temanlah yang suatu hari menjadi musuh di dunia ini. Oleh karena itu, dalam mantra ini dimo-hon agar kita tidak takut pada para teman dan sahabat.

Demikian juga dari para musuh yang selalu mengganggu pekerjaan kita dimohon agar bisa hidup tanpa ketakutan dari mereka. Dalam mantra ini juga dimohon agar kita tidak takut dari yang kita kenal atau para ahli, agar kita tidak merasa rendah diri dan bisa bicara dan diskusi dengan mereka. Demikian pula tidak takut dari yang kita kenal atau orang bodoh. Karena kadang-kadang orang bodoh pun bisa membuat masalah besar dalam kehidupan ini.

Terakhir dimohon agar kita bisa bekerja dengan tenang dan tanpa ketakutan pada siang hari dan demikian pula bisa tidur tanpa ketakutan pada malam hari, agar bebas dari bahaya, pencuri, perampok dan lain-lain.

Pada bagian akhir mantra dimohon agar kita hidup tanpa ketakutan maka kita mengundang seluruh penjuru menjadi sahabat kita. Ketakutan akan hilang bilamana kita mengajak semua mahluk hidup menjadi sahabat kita dan tidak ada rasa kebencian kepada siapapun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar