Selasa, 19 Juni 2012

VILA SORGA

BILA-SVARGA

  1. Bila-svarga terletak 901.040 km (70.000 y) di bawah Bhù-maóðala dan terdiri dari 7 (tujuh) susunan planet yaitu: Atala, Vitala, Sutala, Rasàtala, Talàtala, Mahàtala dan Pàtàla.
    '
  2. Di Bila-svarga ada banyak taman, kebun, rumah dan tempat-tempat nan indah untuk kenikmatan indriya yang keadaannya bahkan lebih mewah daripada yang ada di Divya-svarga. Sebab, para Asura (demon yang menjadi penghuninya memiliki kekayaan dan standar kesenangan indriyawi yang amat banyak dan tinggi.
    '
  3. Kebanyakan penduduk Bila-svarga yang terdiri dari para Daitya, Dànava dan Nàga, hidup sebagai gåhastha (orang berkeluarga). Para istri, anak, sahabat dan masyarakatnya semua sibuk dalam menikmati kesenangan material khayal. Kenikmatan indriya para Deva kadangkala terganggu. Tetapi penduduk Bila-svarga menikmati hidup senang hampir tanpa pernah terganggu (Bhag.5.24.8).
    '
  4. Di Bila-svarga tinggal sang arsitek para Asura, Maya Dànava. Dialah yang membangun banyak kota indah cemerlang. Di Bila-svarga ada banyak gedung, tembok, gerbang, balai-sidang, kuil, alun-alun kompleks mandir dan juga berbagai hotel tempat menginap para tamu asing.
    '
  5. Rumah-tinggal para pemimpin Negara dibangun dengan batu permata dan selalu ramai oleh para Asura dan Nàga dan juga oleh banyak burung merpati, burung nuri dan burung lain jenis serupa.
    '
  6. Taman dan kebun di Bila-svarga mengalahkan keindahan taman dan kebun di Divya-svarga. Pohon-pohon di kebun itu dibelit oleh tanaman-tanaman rambat, melengkung karena beban rantingnya yang berat memegang bunga dan buah, sehingga mereka nampak indah luar-biasa. Keindahannya menarik hati siapa saja dan membuat pikirannya mekar dalam kebahagiaan kenikmatan indriya (Bhag.5.24.10).
    '
  7. Di Bila-svarga ada banyak danau dan bendungan berair sangat bersih dan jernih. Ikan-ikan yang berlompatan, bunga tunjung, kuvalya, kahlaras dan bunga padma merah dan biru memperindah pemandangannya. Burung Cakravàka berpasang-pasangan dan banyak lagi burung air bersarang di banyak danau itu. Mereka selalu bergembira-ria dan suaranya nan merdu sungguh menyenangkan dan cocok untuk kenikmatan indriya jasmani.
    '
  8. Di Bila-svarga tidak ada cahaya matahari. Disana waktu tidak dibagi dalam siang dan malam hari, sehingga tidak ada rasa takut yang ditimbulkan oleh waktu. Disana tinggal banyak Ular-nàga besar dengan permata menghias kepala-kepalanya. Cahaya permata-permatanya itu meniadakan kegelapan di segala arah (Bhag.5.24.11-12).
    '
  9. Oleh karena penduduk Bila-svarga minum dan mandi juice dan cairan mujarab terbuat dari dedaunan amat berkhasiat, maka mereka tidak merasa cemas dan tidak menderita penyakit fisik apapun. Rambut tidak ubanan, kulit tidak keriput, tubuh tidak rapuh, cahaya badan tidak pudar, keringat tidak berbau jelek, dan mereka tidak pernah merasa capek atau kekurangan tenaga atapun tidak semangat akibat usia tua (Bhag.5.24.13).
    '
  10. Mereka hidup nyaman dan tidak takut pada kematian yang diakibatkan oleh apa saja, kecuali kematian yang pasti diakibatkan oleh sang waktu yaitu senjata Cakra-Sudarúana yang berkilauan milik Tuhan Kåûóa. Bila Cakra Beliau masuk ke wilayah Bila-svarga, istri-istri para Asura yang sedang hamil, keguguran karena takut pada kilauan cahaya Cakra itu (Bhag 5.24.14-15).
    '
  11. Kondisi kehidupan di setiap planet Bila-svarga dapat diringkas sbb.
Susunan Planet
Keterangan
1. Atala-loka
Disini tinggal bala putra Mayadànava yang menciptakan 96 macam kekuatan mistik. Bala juga menciptakan 3 macam wanita yaitu svairini, kàminì dan puýúcali yang bernafsu sex kuat.
2. Vitala-loka
Disini tinggal deva Úiva bersama para bhùta dan berbagai jenis makhluk halus lain. Cairan yang timbul dari hubungan badan Úiva dengan istrinya Bhàvanì, berubah menjadi emas yang dipakai perhiasan oleh penduduk di Vitala-loka.
3. Sutala-loka
Disini tinggal Bàli maharaja yang sibuk dalam pelayanan bhakti kepada inkarnasi Tuhan Vàmana-deva. Ketika Ràvaóa datang ke sutala, Vàmana-deva menendangnya sejauh 128. 720 km (10.000 y) hingga dia tidak berani lagi datang ke sana.
4. Talàtala-loka
Diperintah oleh maya Dànava, arsitek para asura. Dahulu deva Úiva menghancurkan tiga istana angkasa yang dibuat oleh maya Dànava sehingga beliau bernama tripurari. Akan tetapi maya kemudian menjadi pemuja Úiva dan dilindungi olehnya.
5. Mahàtala-loka
Dunianya para ular-nàga berkepala banyak keturunan Kadrù. Para pemimpinnya adalah kuhaka, kàliya, takûaka dan susena. Mereka selalu cemas pada serangan garuða. Namun demikian, mereka hidup senang juga bersama istri, anak, sanak keluarga dan para sahabatnya
6. Rasàtala-loka
Tempat tinggal para asura keturunan Diti dan Danu. mereka disebut para pàói, kàleya, Nivàtakavaca dan hiraóya puravasi. Mereka tinggal di lobang-lobang seperti ular.
7. Pàtàla-loka
Disebut pula nàga-loka karena menjadi tempat tinggal para nàga. Pemimpin mereka adalah Vàsukì. Para nàga memiliki banyak kepala yang berhiaskan permata. Cahaya yang memancar dari permata-permata di kepala mereka, meniadakan kegelapan di seluruh wilayah bila-svarga




Tidak ada komentar:

Posting Komentar