Jumat, 29 Juni 2012

Kapakisan

Dalêm Kêtut Smara Kapakisan, 1383 – 1460

Dalêm Kêtut Kåûóa Kapakisan mempunyai tiga orang putera yaitu, yang sulung Ida I Dewa Samprangan, sangat gemar bersolek. 
Yang kedua, Ida I Dewa Taruk, tidak tertarik menjadi raja, tetapi ingin melaksanakan dharma seorang pendeta. Yang bungsu bernama Ida I Dewa Kêtut, suka berjudi berkeliling desa-desa, karena itu dijuluki Ida I Dewa Kêtut Babotoh atau Ida I Dewa Kêtut Angulêsir.

Atas permohonan dan desakan yang sangat dari Kryan Patih Nyuhaya, Ida I Dewa Kêtut Angulêsir bersedia dinobatkan menjadi raja Bali, bergelar Dalêm Kêtut Smara Kapakisan, pada tahun 1383 berkedudukan di Gelgel. Kratonnya dinamakan Sweca Linggarsa Pura.

Setelah Kryan Patih Nyuhaya meninggal, digantikan oleh Kryan Patandhakan.

Dalam masa pemerintahan Dalêm Kêtut Smara Kapakisan di Gelgel, kerajaan Bali aman sentosa, tidak ada pertentangan-pertentangan, cukup bahan pangan untuk rakyatnya.

Pada suatu hari yang baik, Úrì Dalêm Smara Kapakisan dilantik disucikan (didiksan) oleh Mpu Kayumanis dari Kêling atas permintaan Dalêm sendiri. Kedudukan raja di Gelgel semakin kuat, negara aman dan sentosa.

Dalêm Kêtut Smara Kapakisan cukup lama bertahta sebagai raja Bali dan pada tahun 1460 raja wafat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar