Sabtu, 24 Maret 2012

Hindunesia Unik Anugrahakam

http://filsafat.kompasiana.com/2011/12/28/hindunesia-unik-anugrahakam/
Negara ini memang unik, mulai dari sebelum Nusantara diperkirakan Plato Salaka Negara adalah negara penghasil perak. Sebelum ada agama impor negara kita adalah penganut agama Bhumi Sejati - dan sangat toleran, saking toleran-nya banyak tokoh agama misi menyebarkan agama ke tanah “panjang” dengan sangat mudahnya. Agama dari India, agama dari tanah onta, hingga agama bangsa penjajah.
Kembali kepada keunikan yang memikat rasa wisata, tak pelak jutaan wisman datang ke negara “rempah” ini. Setiap peradaban yang lampau penuh kontroversi menghasilkan banyak devisa di masa kini - betapa tidak sekarang kita berlega hati.
Di lain pihak muncul keunikan dari kekakuan bangsa melayu Aceh dan Papua, aceh terlalu terinspirasi budaya “onta” sedangkan Papua terlanjur setengah jalan dipangku Indonesia. Kebebasan berbicara menjadi alat ampuh untuk mewujudkan suatu tujuan - isitilah ngetopnya “perang diplomasi” sudah digunakan dengan media telekomunikasi yang canggih.
Keunikan yang terkini dalam satu dekade terakhir adalah menjamurnya aneka “Sampradaya” - mulai dari Falun Gong - Master Summa Ching Hai - Hare Krishna - Radha Soami - dll. [Mohon maaf kalau ada salah tulis, maklum istilah luar negeri].
Keunikan lainnya adalah mengenai ada ide mengharamkan rokok - sumbernya di tanah Jawa - entah orang Jawa asli atau bukan, di satu sisi banyak sekali manusia Jawa suka nonton sepak bola yang notabene disponsor utamai oleh produk rokok - dan sekaligus pajak besar di negara kita berasal dari rokok salah satunya.
Sebernarnya masih banyak keunikan lainnya - namun silahkan rekan lainnya melengkapi setidaknya dalam setiap renungan meditasi. Baik dan Buruk adalah ciptaan Hyang Kosong maka adalah kebingungan bagi yang kurang menyelami diri ke dalam.
Selamat tahun baru Masehi 2012 [tahun bangsa Nasrani yang digunakan oleh semua peradaban dunia era sekarang] dan selamat adalah kata yang tepat untuk berbagai ucapan bahagia. Mulai dari Selamat makan, selamat sampai tujuan, selamat jalan, selamat datang dan masih banyak lagi Selamat
Anugrahakam 28 Desember 2011
Dedaksanam
Pejalan Spiritual Dunia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar