Rabu, 04 Januari 2012

Wayang Sebagai Suara Kebudayaan

Wayang Sebagai Suara Kebudayaan

Dunia pewayangan merupakan sebuah dunia yang muncul dari ruang lingkup kebudayaan kita. Pewayangan dikatakan sebagai sebuah kebudayaan, karena berdasarkan sebuah kesepakatan masyarakat yang mengakar dan bisa melahirkan sebuah kearifan masyarakat yang dibentuk dan membentuk pola pikir, perilaku masyarakat, yang pada mulanya kurang baik bisa menjadi lebih baik. Anda bisa membayangkan, bagaimana kemudian Anda memiliki citra kehidupan yang lebih baik dalam realitas sosial Anda, ketika Anda memiliki perilaku kreatif yang bisa membuat kebudayaan Anda menjadi lebih baik.

Cara hidup Anda dalam konteks kebudayaan itulah yang sangat berarti untuk menciptakan ruang kebudayaan itu menjadi lebih berkembang. Wayang dikagumi oleh manusia Indonesia bukan hanya sebagai pementasan yang hampa makna, melainkan wayang menjadi sebuah ruang penting yang bisa membuat kehidupan masyarakat semakin baik. Cobalah Anda lihat orang yang dalam kehidupannya selalu membuat wayang sebagai salah satu referensi dalam kehidupannya, tentu saja mampu menciptakan pandangan-pandangan humanis yang sangat memperhatikan manusia lain dengan sebaik-baiknya.

Pementasan wayang di sini bukan hanya menciptakan kecerdasan rasionalitas yang kadang kala manusia bisa menjadi jenuh, akan tetapi pementasan wayang justru menjadi sebuah realitas kebudayaan yang mampu menyuarakan sesuatu dalarn kehidupan sosial. Segala kemungkinan terjadi dalam kehidupan masyarakat, sehingga masyarakat bisa menjadi ruang yang tepat untuk mengekspresikan sesuatu yang lebih baik. Wayang pada akhirnya akan mampu membentuk sebuah kenyataan hidup yang lebih baik dan konstruktif.

Ruang kebudayaan dalam seni wayang bisa dijadikan sebagai salah satu acuan untuk menjalankan kehidupan ke depan. Setidaknya Anda bisa mengambil. pelajaran penting di dalamnya yang nantinya akan disajikan dalam buku ini. Ruang kebudayaan menjadi ruang hidup yang nyata, yang membentuk realitas berpikir manusia menjadi lebih manusiawi. Ketika Anda melihat wayang sebagai wahana kebudayaan, Anda akan melihatnya dari sisi rasa kemanusiaan yang mampu membangun kehidupan kemanusiaan Anda menjadi lebih solidaritatif.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar