Minggu, 29 Januari 2012

Modernisasi Wayang


Pengaruh Modernisasi Pada Wayang Kontemporer

Modernisasi tentu saja membawa pengaruh yang lain bagi dunia pewayangan, mulai dari cara berpikir dari masing-masing tokoh yang berkembang terus sesuai dengan apa yang diinginkan oleh tokoh wayang maupun media yang dipakai oleh para pelaku wayang. Anda tentu tahu, bagaimana Anda bisa mempelajari kehidupan Anda dengan sebaik-baiknya, bisa berinteraksi dengan baik dalam kehidupan Anda. Jika Anda memiliki cara yang terbaik untuk menciptakan sebuah suasana yang terbaik, dan bisa terbuka untuk segala hal dalam dunia modernitas.

Pengaruh-pengaruh modernitas yang bisa memajukan pewayangan bisa Anda lakukan dalam kehidupan Anda, dan Anda bisa menjadikan ruang kehidupan Anda bisa lebih bahagia. Semakin berkembang dunia pewayangan di Indonesia, semakin baik pula cara berpikir masyarakat wayang, karena di dalamnya akan memberikan isi yang paling baik, cara berpikir yang terbaik dalam hidup Anda pula. Orang yang mengerti apa yang sesungguhnya menjadi hal penting dalam hidup Anda, adalah Anda sendiri untuk memajukan pikiran Anda, dan harus Anda perhatikan lebih jauh.

Ramon Zakishawa (2004) mengatakan bahwa interaksi kebudayaan dengan dunia luar akan menciptakan sebuah suasana yang lebih nyaman, semua prosesnya akan bisa dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Cara Anda menjadikan ruang kehidupan Anda akan semakin sernpurna, bila Anda dapat mengerti apa sesungguhnya yang harus Anda lakukan sepanjang kehidupan Anda. Anda bisa mengadopsi perkembangan modernitas itu dengan cara yang lebih profesional, Anda juga bisa mengambil segala sesuatu yang terbaik untuk menjalani kehidupan Anda.

Cara Anda menerima budaya luar bukan harus mengambil seluruh kemajuan itu, akan tetapi Anda bisa memilih sesuatu yang terbaik bagi kehidupan Anda sehingga Anda mampu menciptakan ruang hidup yang lebih baik, khususnya dalam dunia pewayangan. Meminjam bahasanya Prof. Dr. Margareta Sambasi (1999:76), ada “energi kultural yang segar di dalamnya” yang tentu saja tidak bisa dimiliki oleh semua orang yang hidup di dunia ini. Anda harus memiliki cara tersendiri untuk menciptakan sebuah ruang kehidupan yang lebih baik dan menjadikan kehidupan Anda menjadi lebih sempurna ke depan.

Setiap orang yang mengerti arus kebudayaan yang paling tepat dalam kehidupannya akan menciptakan sebuah ruang kehidupan yang nyaman, akan menciptakan sebuah lingkungan yang paling tepat. Dunia wayang akan memberikan pencerahan kepada lingkungannya, untuk menciptakan sebuah dunia yang lebih baik. Dan jika ada sebuah sistem yang kurang baik, maka Anda bisa melakukan sesuatu yang terbaik untuk diri Anda, sehingga Anda mampu menciptakan sebuah suasana yang .terbaik pula. Cara ini hanya akan memberikan rasa cinta, kebebasan, kedamaian pada semua orang melalui mediasi wayang.

Jika Anda tahu bahwa sesungguhnya wayang, bukan hanya sekedar permainan, akan tetapi sebagai suara kebudayaan yang memiliki makna tersendiri untuk menciptakan sebuah dunia menjadi lebih baik. Tentu saja Anda mengerti segala sesuatu yang terbaik, mengerti apa yang seharusnya diadopsi oleh Anda untuk menjadikan ruang kebudayaan Anda menjadi lebih maju. Bagaimanapun wayang juga mampu menjadi media untuk melakukan perubahan, dari sebuah sistem yang kurang baik, menuju sistem yang konstruktif dan kontributif.
Semakin hari Anda berproses, semakin baik pula proses Anda ke depan. Anda memiliki cara yang paling tepat yang bisa Anda lakukan ke depan. Anda memiliki daya upaya yang bisa Anda lakukan terus menerus, sepanjang Anda memiliki keinginan untuk terus menerus maju. Tidak semua orang memiliki daya upaya untuk menjadi orang yang lebih maju, terkecuali mereka memiliki energi yang kuat dari dalam dirinya. Untuk melahirkan energi yang kuat itulah manusia membutuhkan pembinaan secara internal melalui pembinaan batiniah bagi dirinya sendiri. Menghadapi kenyataan dunia kontemporer ini, baik wayang maupun masyarakat wayang harus memiliki beberapa hal berikut ini:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar