Selasa, 13 Oktober 2015

Tips Mencegah Buku Agar Tidak Berjamur

Jika sudah berjamur, maka buku akan berwarna lebih kuning serta menimbulkan aroma yang tidak sedap.

Buku akan sangat berharga bagi setiap orang yang memiliki hobi membaca. Setiap lembarannya akan sangat berarti dan seringkali dijaga kondisinya.
Buku yang ditumpuk dalam jangka waktu lama akan membuat bentuk fisiknya berubah dan memiliki bau yang tak sedap. Tak hanya itu, buku tersebut pun dapat berdebu bahkan berjamur.
Jika sudah berjamur, maka buku akan berwarna lebih kuning serta menimbulkan aroma yang tidak sedap. Bahkan jika Anda memegangnya maka partikel jamur dapat saja masuk ke tubuh Anda dan berakibat buruk bagi kesehatan.
Jamur yang muncul pada buku diakibatkan penyimpanan yang salah. Kurangnya cahaya dan tidak digunakannya bahan penyerap lembap adalah alasan mengapa buku dapat berjamur.

Hal tersebut sebenarnya dapat dihindari dengan beberapa cara berikut :
Pilih Tempat Penyimpanan
Anda dapat menyimpan buku pada tempat-tempat seperti rak yang terbuka atau tertutup. Pastikan buku-buku tersebut tidak mendapatkan paparan debu jika Anda menempatkannya di rak terbuka. Sementara itu juga di rak tertutup, pastikan tidak ada udara yang masuk ke dalamnya guna mencegah buku menjadi lembap.
Baking Soda
Tahukah Anda jika baking soda dapat berguna bagi buku-buku berjamur? Tempatkan buku-buku tersebut pada kardus dan taburkan baking soda di atasnya. Letakkan karuds pada area yang bisa menyerap angin selama 2-3 hari hingga aroma tak sedap menghilang.
Sikat
Jangan buang sikat gigi bekas Anda karena dapat berfungsi bagi jamur pada buku. Sikat buku perlahan hingga jamur menghilang.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar