Jumat, 18 April 2014

AROMA THERAPY

AROMA THERAPY

Aroma terapi adalah penyembuhan yang melibatkan pemakaian minyak atsiri murni yang disuling dari berbagai tumbuhan bunga-bungaan, buah-mahan, akar-akaran atau rimpang dan kayu-kayuan yang banyak terdapat di Indonesia
Cara pengobatan Aroma Terapi dapat dilakukan dengan berbagai cara antara lain :

MENGHIRUP aroma minyak atsiri

  • Menguapkan air yang telah ditetesi  minyak atsiri dengan menggunakan tungku pemanas (burner) atau langsung menggunakan air panas dalam wadah.
  • Meneteskan  minyak atsiri pada sapu tangan, bantal atau pakaian.
PEMIJATAN atau BALURAN
Pemijatan dapat dilakukan dengan menggunakan massage Oil atau bahan sikatan (scrub) yang dibuat dari biji-bijian, bunga-bungaan dan akar-akaran.

RENDAMAN/KOMPRES
Dapat dilakukan dengan melarutkan minyak atsiri ke dalam air panas di dalam bak mandi rendam, atau garam yang telah beraroma.
Berikut adalah beberapa karakter dan manfaat dari  minyak atsiri :

* Bunga Champaka:
Menambah semangat, suasana gembira, kehangatan, relaksasi, mengurangi rrasa takut, kesepian dalam massage melembabkan dan menghaluskan kulit.

* Clove (Cengkeh):
Keseimbangan emosi mempertajam ingatan, seksualitas, memperlancar saluran pernafasan, menghangatkan, anti infeksi ringan, infeksi gigi aprodisiak.

Menyejukkan, keseimbangan pikiran, gairah seksual, kepekaan, kehangatan, keterbukaan, relaksasi; menghaluskan kulit.

* Bunga Mawar/ Rose
Menenangkan, rasa cinta, romantis, kehangatan, rasa aman, aprodisiak, mengurangi rasa marah, putus asa stress kecemasan.

Stabilitas, kehangatan,keterbukaan, kejujuran, sensualitas, daya tahan, harapan antiseptic, regenerasi kulit, memperbaiki sirkulasi O2 dan peredaran darah tepi, menyembuhkan memar pada kulit.

Sensasional, ketenangan, damai, suasana bahagia, aroma yang kuat, daunnya dapat dipakai sebagai penyubur rambut, terpilih sebagai maskot kota Denpasar

* Bunga Kenanga / Ylang-ylang
Memberi suasana gembira, relaxasi, rasa nyaman, tentram, romantis, membantu penyembuhan, ketegangan otot, radang selaput lendir, memperlancar saluran nafas, meringankan depresi, menghilangkan sakit saat haid.

Konsentrasi, semangat, gembira, relaxsasi, mengurangi rasa takut, depresi, panic, melemaskan otot dan kulit.

Menyejukkan, pengertian, rasa nyaman, damai sensualitas, mengurangi rasa takut, tertekan, mempertajam konsentrasi.

Energi, menjernihkan pikiran, stimulant mental, menyembuhkan sakit perut, kembung dan lelah.

Vitalitas, konsentrasi, pikiran, positif percaya diri, sexualitas, mengurangi rasa lelah, takut, hysteria, putus asa, membantu penyembuhan, demam flu melegakan nafas, relaxsasi, otot-otot kaku.

Menjernihkaan pikiran, keberanian, percaya diri, kesehatan mental, anti jamur, membantu menyembuhkan system pernafasan, menghilangkan lelah, flu, keseimbangan.

Menenangkan pikiran, memberikan ketentraman jiwa, intuisi, rasa cinta, rasa nyaman, kekuatan emosi, menghaluskan kulit, sebagai deodorant.

Sumber: Majalah Spiritual & Kesehatan USADHA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar