Jumat, 22 November 2013

Lou Han Bulat

Lou Han Bulat Makin Dicari

"Aduh, lucunya. Ini jenis baru ya? kata Johnson sambil menunjuk akuarium di salah satu show room, di Kualalumpur, Malaysia.
Hobiis di Cengkareng itu langsung kepincut begitu melihat penampilan lou han berbentuk bulat, marking full, dan bertabur mutiara. Lou han jenis leopard berukuran 16 cm itu akhirnya ia beli Rp 4,5 juta.

Lou han short body sampai bulat memang sedang digemari di Malaysia dan Indonesia. "Kelebihannya pada bentuk dan gerakan renang yang tampak lucu," kata Johnson, pemilik Aquarama Lou Han itu. Namun, untuk mencari ikan yang sempurna sangat sulit. la harus berburu ke negara asal untuk mendapatkan shortbody yang berkualitas.
Makanya dialami Irwan Sugandy terns memburu lou han short body di mana pun berada. la selalu habis dan jarang terpajang di show room. "Karena langka sehingga mudah menjualnya meski berharga mahal. Saya pernah melihat di Malaysia lou han short body sempurna ukuran 5 inci dilelang dengan penawaran pertama Rp 20-juta," ungkap pemilik Betta 1961 itu.
Kesempurnaan lou han short body bukan diukur dari bentuk tubuh, tetapi juga corak dan warna. Spot mutiara semakin banyak semakin istimewa. "Perbandingan lou han short body yang bagus antara lebar dan panjang 1 : 1,1. Dengan ukuran itu ikan tampil bulat," kata Irwan.
Lantaran banyak dicari, peternak di Malaysia menangkarkan lou han khusus short body. Walaupun sudah diproduksi massal tak semua hasilnya bagus. ''Dari sekali pemijahan paling 30% sudah bagus," kata Dennis BK, pemilik Rinko Lou Han. Hal itu dibenarkan Yongki dari Aquanesia. "Persentase mendapat lou han short body kecil, mungkin di bawah 20%." Lantaran langka, lou han bulat eksklusif dan berharga mahal. Master piece milik K.K Lim di Malaysia berukuran 8 inci berharga Rp 80-juta.

Bukan bonsai

Sepintas sosok lou han short body mirip jenis bonsai. Keduanya memang sama-sama berbentuk kotak atau bulat. Namun, kedua lou han itu sebenarnya berbeda. "Yang short body biasanya ditandai lekukan pada pangkal ekor simetris, strip atas dan bawah pun balance, ujar Johnson.
Sedang pada bonsai pangkal ekor gepeng dan pendek. Sehingga banyak yang menyebut kelainan atau cacat. Ukuran lou han short body biasanya lebih panjang dibanding bonsai. la juga tumbuh normal; bonsai cenderung kerdil.
Asal-usul lou han short body hingga kini belum jelas. Dari setiap perkawinan selalu muncul ikan berukuran pendek. "Persentase muncul yang berukuran pendek tergantung gen moyangnya. Peternak di Malaysia cenderung memilih pejantan untuk diambil bentuk tubuh, warna berasal dari ibu," kata Yongki.
Perkembangan bentuk lou han dapat dideteksi sejak kecil, minimal ukuran 1 inci. Pilih ikan yang memiliki bentuk tubuh pendek dan cenderung pertumbuhan meninggi. Itu tanda ikan akan membulat. Pada ukuran 2 inci bentuk tubuh umumnya sudah terlihat bulat simetris. Jika ditarik garis sisi tertinggi dan terendah berada tepat di tengah tubuh.

Belum ada nama

Kebanyakan penangkar di Malaysia belum memberi nama khusus untuk lou han short body. "Kalau dulu ada jenis coronation link, maka yang short body juga diberi nama sama. Hanya dibelakang nama itu diembel-embeli short body" ujar Johnson.
Kualitas lou han short body sempurna tergantung corak dan warna. la akan berharga mahal bila nongnong, marking full, dan bintik mutiara di sekujur tubuh, strip punggung dan anal. Para penangkar memberi nama menurut lou han yang sedang ngetren. Misal, untuk lou han yang bertabur mutiara ada yang menyebutnya jaguar. Maka, lou han berukuran pendek diberi label jaguar short body para penangkar. (Nyuwan SB)


Sumber : Trubus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar