Selasa, 26 November 2013

Gondok dan jantung



Obat Gondok beracun dan jantung

Tanya:
Saya ibu rumah tangga berumur 37 tahun. Sejak 9 tahun lalu saya menderita gondok beracun. Saya sudah berobat ke dokter dan sampai sekarang belum sembuh. Penyakit ini membuat jantung saya mengalami pembengkakan dan tekanan darah naik. Padahal dulu tekanan darah saya rendah. Sekarang pinggang terasa pegal-pegal bila bangun tidur. Apakah ginjal saya bermasalah? Mohon Bapak bisa membuatkan obat tradisional yang dapat menyembuhkan penyakit itu.
Deswita, Lampung Selatan

R. Broto Sudibyo
Jawab:

Penyakit gondok memerlukan pengobatan dan perawatan intensif. Kalau tidak, akan mempengaruhi organ lain. Di bawah ini saya tuliskan resep untuk penyakit gondok dan jantung Anda.


Resep obat luar untuk penyakit gondok
Bahan :
• Daun simbar menjangan (Platycerium bifurcatum) 3 jari
  Umbi kunyit (sebesar telur ayam) 1 buah

Cara membuat:
Kunyit dikupas dan bersamaan dengan simbar menjangan dicuci kemudian ditumbuk halus. Tambahkan ¼ gelas air dingin masak. Aduk sampai rata, oleskan pada leher yang sakit. Lakukan 2 kali sehari.

Resep obat yang diminum
Bahan :
  Temuputih 3 jari
  Batang dan daun benalu teh/benalu jeruk ½ genggam
   Daun sambiloto segar 11 lembar

Cara membuat:
Temuputih dikupas, dicuci, dan diiris tipis kemudian direbus bersama bahan lain dengan 5 gelas air hingga tinggal 3 gelas. Angkat dan saring. Diminum 3 kali sehari ½ gelas sesudah makan.

Resep untuk penyakit jantung
Bahan :
• Daun sembung legi 5 lembar
• Daun sangketan 7 lembar

Cara membuat:
Semua bahan dicuci dan direbus dengan 3 gelas air hingga tinggal 1½ gelas. Diminum 1 kali sehari ½ gelas sebelum tidur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar