Senin, 20 Agustus 2012

THIRUKURAL - Kitab suci para Saivite - Mengenal Hinduisme



Ayah, dapatkah Thirukural disebut sebagai Kitab Suci Hindu?
  Kitab ini memang adalah kitab suci Hindu secara umum karena, agak berbeda dengan yang lainnya, kitab ini tertulis dalam bahasa Tamil. Kitab ini adalah bagian dari peradaban bangsa Dravidian India selatan. Thirukural disebut sebagai kitab suci para Úaivita (orang yang memuja Úiva). 
Kitab ini ditulis oleh seorang penenun yang bernama Thiruvullar pada abad pertama sebelum Masehi. Dalam bahasa Tamil, Thiru berarti sucidan kural berarti pendek atau singkat. Kitab ini terdiri dari sloka-sloka pendek. Keseluruhan kitab ini terdiri dari 133 bab dan setiap bab terdiri dari sepuluh sloka. Jadi jumlah keseluruhan sloka yang terdapat dalam kitab ini adalah 1330 sloka. Meskipun Thirukural dianggap sebagai kitab suci para Úaivite, namun kitab itu sendiri berisikan ajaran yang universal. Kitab ini mengajarkan manusia tentang nilai hidup. Sampai batas tertentu kitab ini merupakan versi perluasan dari kitab sepuluh perintah. Hampir semua orang yang pernah membacanya akan jatuh cinta kepadanya, karena kesederhanaan dan keuniversalan eksperesi ajarannya. Para Jainisme senang mempelajari kitab ini karena ia menga-jarkan konsep ahiýsà yang berarti tanpa kekerasan. Sedangkan para penganut Kristen di India selatan, senang membacanya karena banyak ajaran yang terdapat dalam kitab ini memiliki banyak kesamaan dengan wejangan dipuncak gunung.
Almarhum Dr. Albert Schweitzer menyebutnya, “salah satu pencapaian tertinggi dari pikiran manusia.” Aku berharap kau juga akan membaca kitab yang sangat mengagumkan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar