Kamis, 02 Agustus 2012

AGAMA KRISTEN DI INDIA - Mengenal Hinduisme



Ayah, kapan dan bagaimana agama Kristen berkembang di India?
  Nak, sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, pada tahun 70 A.D. ketika bangsa Romawi berada dibawah pimpinan kaisar Nero yang memerintahkan agar penganut Kristen dilemparkan pada singa-singa buas, sementara itu, di Kerala, India umat Kristen sedang dengan khusuknya berdoa di Gereja-gereja. Jauh sebelum ada negara bagian Eropa yang meyakini ajaran Kristus dan keagungannya, maka Di Malabar telah berkembang komunitas Kristen. Pada tahun 65 A.D. Malabar telah memiliki banyak gereja Kristen.
Di India, Saint Thomas yang merupakan salah seorang misionaris Jesus Kristus diutus untuk menyebarkan Kristen di India. Menurut sebuah karya Syriac kuno, The Acts of Judas Thomas, para murid Jesus yang berkumpul di Jerusalem setelah Jesus wafat, untuk memutuskan kemana masing-masing dari mereka menyebarkan ajaran Jesus Kristus, India akhirnya menjadi bagian dari tugas Saint Thomas, yang tidak mau pergi kesana. Legenda menyatakan bahwa selanjutnya Thomas bermimpi Kristus menyuruhnya pergi ke India. Mungkin akan menjadi sebuah ironi jika pertama kali Thomas harus diperlakukan sebagai budak oleh seorang pedagang dari barat laut India dan secara paksa dibawa kesana. Setelah tiba disana, pertama kali ia mengubah majikannya menjadi penganut Kristen dan selanjutnya ia pergi ke Malabar dan pada tahun 52 A.D. ia tiba disebuah tempat dekat Cochin dan selanjutnya, ia berhasil membangun gereja diseluruh Kerala. Selanjutnya ia kemudian mengembara ke China, hingga meninggal di Mylapore, Madras pada 72 A.D.
Kebanyakan ajaran Saint Thomas di India, memiliki kedekatan dengan ajaran Hindu. Duniapun hanya tahu sedikit tentang sang Missionaris ini. Beberapa bagian dari ajaran Thomas yang hilang ditemukan kembali pada tahun 1945. Apa yang ditemukan oleh para Arkheologis tentang ajaran ini adalah sama dengan pemikiran dan konsep Hindu. Buku-buku yang sangat bagus karya Thomas dan para gnostik lainnya, kini telah tersedia di pasar-pasar buku. Salah satunya adalah The Gnostik Gospel, yang ditulis oleh Elaine Pagels dan diterbitkan oleh Vintage Books.
Dikatakan bahwa pada tahun 189 AD, kebanyakan daerah India selatan memiliki populasi umat Kristen yang terbesar. Dikatakan bahwa seorang pendeta besar dari India telah berhasil menghadiri sidang besar Nicaea pada tahun 325 AD. Kristen memang benar-benar menyebar dengan pesat dan keadaan ini menjadi lebih hebat lagi ketika bangsa Portugis dibawah pimpinan Vasco da Gama datang ke Calcutta pada tahun 1498. Pengkhotbah Kristen lainnya yang datang ke India adalah Saint Francis Xavier dari Goa. Pada tahun 1599, gereja Katolik didirikan di India.
Aku adalah salah seorang yang harus berterimakasih atas datangnya para missionaris Kristen yang menambah pengetahuan agama untuk India. Para missionaris Kristen bersama dengan Theologis Hindu yang liberal bekerjasama untuk membasmi keburukan yang terdapat dalam masyarakat Hindu. Para Reforman Hindu seperti Ràja Rammohan Roy, Keshab Candra Sen, Ràmàkåûóa Paramahaýsa, Vivekà-nanda dan Gandhi, mendapat pengaruh oleh aspek kasih sayang yang terdapat dalam ajaran Kristen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar