Rabu, 13 Juni 2012

Sada Siwa

Sadà Úiwa

Sadàúiwa adalah Cetanà (Tuhan) yang telah aktif, berfungsi dan berkhasiat, suka mengampuni, memberi penerangan, dapat menjadi kecil sekecil-kecilnya, tiada berwujud, dan menjadi obyek pujaan dari segala makhluk. Sebagai Pencipta, Pemelihara, dan pelebur pada dunia ini memberi sinar cahaya, serba tahu, Maha Karya, ada di mana-mana, dan kekal abadi.

Adapun ke-Mahakuasaan dan ke-Mahasempurnaan-Nya Hyang Sadàúiwa meliputi Guóa, Úakti, Swabhàwa. Guóa meliputi tiga sifat yang mulia, Úakti meliputi empat kekuatan yang disebut: Cadu Úakti dan Swabhàwa meliputi delapan kemahakuasaan yang disebut Aûþa Aiúwarya.

a.  Guóa dari Tuhan Sadàúiwa ada tiga macam, antara lain:
- Dura Úrawaóa artinya berpendengaran serba jauh.
-  Dura Sarwajña artinya berpengetahuan serba sempurna
-  Dura Darúana artinya berpandangan serba jauh

b.  Úakti dari Tuhan Sadàúiwa ada empat yang disebut Cadu Úakti

c.  Swabhàwa dari Tuhan Sadàúiwa ada delapan yang disebut Aûþa Aiúwarya

Dari uraian di atas Tuhan sebagai Sadàúiwa dapat kita bayangkan saat pagi hari yang cerah kita pandang langit biru yang non jauh disana tak dapat kita bayangkan, namun dibawah langit biru nampak awan putih yang saling berkejar-kejaran menghiasi angkasa kemudian berubah menjadi mendung suatu pertanda hujan akan turun membasahi bumi persada ini. Hujan dan kemarau akan mempengaruhi kehidupan di bumi kita ini, kedua musim ini silih berganti mempengaruhi kehidupan makhluk di bumi.
Di musim kemarau tanaman akan kering malah mati, sedangkan sebaliknya bila musim hujan tiba tanaman akan tumbuh subur dan tunaspun bermunculan. Begitulah pengaruh kekuasaan Tuhan sebagai Sadàúiwa seperti cuaca yang memberi pengaruh pada kehidupan di bumi ini.
Sadàúiwa adalah tidak lain dari Paramaúiwa juga, tetapi Paramaúiwa yang telah bersenyawa dengan hukum kemahakuasaan-Nya sendiri, sehingga dapat terlaksana dan berhasil segala apa yang dikehendaki-Nya. Oleh karena demikian kesempurnaan dan kemahakuasaan-Nya, maka beliau diberi bermacam-macam gelar. Seperti Nawa Sanga adalah sembilan manifestasi Tuhan sebagai penguasa sembilan penjuru mata angin alam semesta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar