Selasa, 01 Mei 2012

Vaisnava


Vaiûóava Àgama

Kitab Àgama Vaiûóava umumnya banyak dikenal dengan nama Pañcaràtra Àgama. Isinya terutama mengajarkan mengenai cara pemujaan Tuhan Yang Maha Esa dalam manifestasinya sebagai Viûóu. Jadi Viûóu merupakan wujud utama yang menjadi obyek dan pusat pemikirannya. 

Penelitian yang lebih mendalam memberi petunjuk kepada kita bahwa kelompok jenis àgama ini memiliki 4 macam himpunan kitab Àgama, yaitu :
(1). Pañcaràtra
(2). Pratiûþhasara
(3). Vaikhànasa
(4). Vijñànalalita

Sumber utama ajaran yang terdapat dalam Pañcaràtra berasal dari keterangan yang kita jumpai di dalam kitab Mahàbhàrata, terutama yang terdapat di dalam Úànti Parva. Di Indonesia, dimana Catur Veda tidak dikenal di masa yang silam, kecuali namanya saja sedangkan Mahàbhàrata lebih merakyat di kalangan masyarakat, maka tidak dapat dielakkan kalau jenis Pañcaràtra inilah yang banyak dikenal dan diikuti. 

Di dalam kitab Pañcaràtra kita mengenal adanya tujuh nama-nama yang ditambahkan mantra-mantra pujaan untuk nama-nama itu. Di dalam sekta Vaiûóava, kitab Pañcaràtra inilah yang dikenal sebagai Pañcaràtra, yaitu: Brahma, Úaiva, Kumàra, Vasiûþha, Kapila, Gautamiya dan Nàradìya. Akibatnya di dalam mantra-mantra sering ditambahkan mantra-mantra pujian untuk nama-nama itu. Di dalam sekta Vaiûóava, kitab Pañcaràtra inilah yang dianggap paling berpengaruh atau menentukan dan karena Viûóulah sebagai dewatanya yang tertinggi. Di dalam catatan yang kami terima terdapat sekitar 214 buah kitab naskah Vaiûóava. Adapun nama-nama kitab Àgama tergolong Àgama Vaiûóava yang kita kenal antara lain: Ìúvara, Sàtvata, Båhad, Brahma, dan lain sebagainya. 

Adapun sekta yang sekarang berkembang seperti Hare Kåûóa adalah bagian dari Sekta Vaiûóava dan menjadikan kitab Úrìmad Bhàgavatam dan Bhagavadgìtà sebagai buku pegangan utamanya. Antara sekta Vaiûóava dengan sekta Úaivisme sejak zaman dahulu terdapat persaingan sehingga tampaknya kadang kala seperti ada pertentangan. Pada hakekatnya perlombaan bukan merupakan pertentangan namun merupakan usaha untuk meningkatkan kualitas spiritual.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar