Senin, 30 April 2012

Pendahuluan Belajar Weda

Pendahuluan


Weda adalah kitab yang disucikan oleh agama Hindu. Arti kata Weda dapat dikaji dari dua pendekatan yaitu pendekatan etimologi dan pendekatan semantik.


Sebelum mempelajari isi dari Weda, sebaiknya kita belajar Vedàòga dulu (6 cabang veda: Úikûà, Kalpa, Vyàkaraóa, Nirukta, Chanda dan Jyotiûa). Úikûà  yaitu ilmu phonetika (bunyi) Veda; Vyàkaraóa  yakni ilmu tata bahasa; Nirukta yakni ilmu etimologi; Chanda yakni ilmu irama; Jyotiûa  yakni ilmu astronomi dan astrologi; dan Kalpa  yakni ilmu tentang upacara berkorban. Nah dari sanalah baru kita bisa mengartikan úloka weda dengan baik. Tanpa belajar itu dahulu, bisa membuat kita salah mengartikannya. 
Sebagai umat Hindu yang baik, sudah selayaknya mulai mengerti dan mampu menjelaskan segala sesuatunya yang berhubungan dengan VEDA, baik untuk kepentingan diri sendiri, tuk konsumsi pengajaran kepada anak, atau bisa juga memang kebutuhan tuk menjelaskan kepada yang bertanya. Hal yang patut untuk diketahui dan dipahami adalah:

2. Kedudukan Veda

3. Pokok-Pokok Ajaran Veda

4. Kehidupan Agama dan Sosial-Budaya Menurut Veda

5. Hakekat Ketuhanan Dalam Veda

6. Penggambaran Dewa-Dewa Dalam Veda

7. dan yang paling penting, adalah pengamalan ajarannya di dalam kehidupan nyata, untuk mencapai tujuan kehidupan kita, yaitu Mokûàrtham jagadhita ya ca iti dharmaá.

Semoga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar