Senin, 19 Maret 2012

ASTRA-MANTRA sebuah Doa dalam Agama Hindu

ASTRA-MANTRA adalah bentuk mantra yang paling pendek, hanya berisi, oý huý-raá-phaþ-astràya-namaá, Kami bersujud kepadaMu yang dilambangkan dengan akûara huý, raá dan phaþ, kami bersujud kepada nyala api suci. Mantra ini juga dikenal di luar lingkungan pedanda, ini ditemukan pada dharma pawayangan, Hukum Abadi untuk wayang kulitsebuah uraian metafisik pendek yang harus dipelajari oleh ðalaò, selaku orang yang memainkan boneka, yang ingin menjadi seorang amaòku ðalaò dan diundang pada kegiatan yang lebih khusus karena kemampuan mengusir setan.
                   Memutuskan kapan astra mantra digunakan, tindakan ini dilakukan sebagai penghormatan kepada senjata (Úiva) dan pada ciri-ciri umum ritual Hindu di Bali (selanjutnya bertujuan mencegah pengaruh kedengkian dengan seruan penuh kebajikan) seseorang dapat mengatakan bahwa tahapan umum mistik pandeta berkaitan dengan hal yang tak dapat diduga diakhiri dengan doa pada Úiva Agni, agar tindakannya berakhir dan tidak membawa akibat (Avighnam astu).
                  ASTRA-MANTRA diikuti dengan kata-kata berikut: Oý àtma tattvàtma úuddha màý svàhà, Oý Oý Kûamà sampùróàya namaá svàhà. Oý Úrì Paúupataye namaá, Kami bersujud kepadaMu yang berwujud sebagai àtma, yang juga àtma tattva, sucikanlah kami. Kami bersujud kepadaMu Yang maha sempurna, pengendali diri dan maha pengampun. Kami bersujud kepada Mu yang dilambangkan dengan akûara huý dan phaþ, kami bersujud kepadaMu sebagai Úrì Paúupati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar