Selasa, 30 Juli 2013

Resi Kanwa

Mahàrûi Kanwa merupakan mahàrûi penerima wahyu dan banyak dikaitkan dengan Maóðala VIII Ågweda. Mandala ini isinya bermacam-macam sùkta. Kanwa adalah nama pribadi dan juga nama keluarga. Maóðala VIII dinyatakan diterima oleh mahàrûi Kàóva atau merupakan wahyu yang diterima oleh keluarga Úakuntala. 


Di samping Åûi Kàóva terdapat pula nama-nama åûi lainnya seperti Kaúyapa, putra Marici. Mahàrûi Kàóva mempunyai putra bernama Praskanwa. Nama-nama åûi yang lain yang juga dapat dijumpai dalam Maóðala VIII adalah : Gosukti, Aúwasukti, Puûþigu, Bhågu, Manu, Waiwaswata, Nipatithi, dan sebagainya. Adapun Maóðala IX dan X Ågweda merupakan kumpulan wahyu yang diterima oleh beberapa mahàrûi. 

Dari sepuluh maóðala yang ada, Maóðala X merupakan maóðala yang paling lengkap. Maóðala ini memuat pokok-pokok ajaran agama Hindu yang sangat penting dan sangat bermanfaat untuk diketahui. Di samping nama-nama åûi sebagai telah dikemukan di atas, tampaknya penggunaan åûi itu telah cukup merasuk sampai ke Bali. 

Dalam mempelajari perkembangan agama Hindu di daerah ini, kita jumpai pula tokoh-tokoh yang juga disebut saptaåûi yang bertanggung jawab terhadap perkembangan agama Hindu. Apakah ini suatu kebetulan atau memang secara konsepsional diprogramkan ? Kini kita warisi adanya Pañcaåûi seperti: Mpu Agnijaya, Mpu Kuturan, Mpu Sumeru, Mpu Gana, dan Mpu Bharadah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar