Selasa, 26 Februari 2013

Planet Bumi - Pustaka Ilmu Pengetahuan


Dari semua planet dalam Tata Surya,
hanya Bumilah yang memiliki keadaan yang baik untuk kehidupan.
“Kapal angkasa” paling besar yang dikenal manusia — planet Bumi — berputar dalam orbit tahunannya mengelilingi matahari.
Bumi penuh dengan makhluk hidup; tumbuhan, binatang dan manusia. Memiliki segala yang diperlukan, untuk membantu kehidupan, kecuali terang, yang bergantung dari matahari. Bumi memiliki tiga bahan yang amat penting bagi kehidupan. Zat asam, air dan makanan. Tidak seperti kapal ruang angkasa, Bumi selalu memperbaharui bahan yang amat penting ini.
Awan membawa air kepada sebagian besar bola Bumi. Tumbuhan dan binatang merupakan rantai makanan yang kontinyu. Tumbuhan membuat makanannya sendiri. Beberapa herbivor, atau binatang yang makan tumbuhan, makan sebagian dari tumbuhan itu. Ada herbivor yang dimakan oleh binatang pemakan daging, yang lebih besar. Udara dan samudera selalu bergerak, begitu pun muka Bumi selalu berubah. Perubahan nampaknya lambat, jika diukur dengan skala waktu manusia. Namun, selama hidup Bumi, Samudera dan daratan yang luas-luas telah mengalami perubahan bentuk secara besar-besaran. Pegunungan tinggi dibentuk dan dihancurkan. Walaupun pada mulanya Bumi kosong dan tidak berisi kehidupan, sekarang telah menjadi tempat lahir jutaan dan beraneka ragam kehidupan.



Irisan ini menunjukkan bagaimana Bumi dibentuk. Inti bagian dalam yang padat itu merupakan suatu daerah dengan suhu dan tekanan yang luar biasa tingginya, terutama terdiri daribesi. Inti bagian luar yang mengelilinginya sebagian besar terdiri dari cairan besi dan nekel. Di atasnya terletak selubung. Di sini, dari dalam ke luar, suhu lambat laun menurun dari 4500°sampai 2000° C. Di atas selubung terletak kerak Bumi. Tebalnya enam puluh empat km dan terdiri dari bagian-bagian yang bergerak, yang disebut “lempengan”, yang memikul samudera dan benua. Permukaan Bumi dilindungi lapisan atmosfir yang tipis, terhadap suhu angkasa yang ekstrim.



























Tidak ada komentar:

Posting Komentar