Minggu, 02 Desember 2012

Lahirnya Bumi - Pustaka Ilmu Pengetahuan

Sesudah dibentuk dari awan gas dan debu kurang lebih 4500 juta tahun yang lalu, bayi Bumi memulai sejarahnya yang mengagumkan.
 
Teori  pasang-surut mengemukakan bahwa Bumi dibentuk pada waktu sebuah bintang hampir bertabrakan dengan matahari, dan menarik keluar dari permukaan matahari itu suatu gelombang gas yang amat besar. Gas ini pecah menjadi bagian-bagian yang mendingin dan memadat membentuk planet-planet.




Teori lain mengatakan bahwa matahari pada suatu ketika mempunyai “kawan” yang meledak. Suatu awan dari bahan-bahan tertinggal dan terikat dalam perkitaran mengelilingi matahari. Bahan inilah yang mungkin membentuk Bumi yang beredar, serta planet-planet lain dan bulan-bulan.





Suatu teori yang dikemukakan dalam tahun 1796 mengatakan bahwa Tata Surya pada  mulanya  merupakan awan gas yang berputar. Sambil memadat, pusat awan ini, yang memutar dengan cepat, melepaskan cincin-cincm gas, yang kemudian membentuk planet-planet yang beredar.

Sepanjang sejarah, manusia selalu dihadapkan kepada masalah asal mulanya Bumi. Bilamana dan bagaimana Bumi dibentuk ? Banyak dan beraneka ragam teori dikemukakan.
Tahun 1650, Uskup Agung Ussher dari Irlandia menganggap, Bumi diciptakan pada 23 Oktober, 4004 tahun sebelum Masehi jam 9 pagi. Katanya hal ini ada dalam Al Kitab dan buku agama lain.
Penyelidikan pertama tentang batuan dan fosil (geologi) dalam abad 19, menunjukkan bahwa Bumi jauh lebih tua. Sekarang orang menganggap Bumi dibentuk 4.500 juta tahun yang lalu. Seluruh Tata Surya matahari, delapan buah planet beserta satelitnya dan asteroid (planet kecil) dibentuk pada waktu yang sama. Bukti terpenting mengenai ini ialah perjalanan planet mengelilingi matahari. Semua planet kurang lebih terletak pada bidang datar yang sama dan mengitari matahari dalam arah yang sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar