Selasa, 07 Agustus 2012

DHARMA SÙTRA - Mengenal Hinduisme




 Mohon beritahu saya, siapa sajakah yang menurunkan Hukum-hukum Hindu pada umatnya?
Mereka adalah åûi Manu, Yàjñavalkya, Paràúara dan Gautama.

Apakah nama Kitab yang mereka ajarkan itu?
Kitab-kitab itu dinamakan Dharma Sùtra.


Apa sajakah yang menjadi isi dari Kitab Dharma Sùtra?
Dharma Sùtra adalah bagian dari vedàòga. Kitab-kitab ini menjelaskan secara mendetail tentang aturan etika dan kewajiban manusia dalam berbagai tingkatan serta hak dan kewajiban para raja. Kitab ini juga berisi berbagai penjelasan tentang upacara penyucian dan upacara kematian. Bahkan ada juga penjelasan tentang tapa yang harus dilakukan untuk menebus dosa-dosa. Kitab Dharma Sùtra yang terpenting adalah Manusmåti (pesan-pesan Manu) kitab ini terdiri dari 2694 sloka yang dibagi dalam 12 bab.
Dharma Sùtra yang penting lainnya adalah Yàjñavalkya Småti. Kitab ini memiliki 1013 sloka. Kitab Dharma Sùtra yang penting berikutnya adalah Gautama Sùtra. Namun Pesan-pesan Manu, tetap menjadi yang paling populer diantara umat Hindu. Dharma Sùtra mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap Hinduisme. Tentu saja berbagai ritual yang terdapat didalamnya tidak dipraktekkan pada masa sekarang ini. Namun anggota kasta bràhmaóa yang orthodoks masih tetap menjalankan ritual yang dikenal sebagai pañca mahàyajña.


Apakah ritual Pañca Mahà Yajña itu?
Lima kewajiban sehari-hari yang harus dilakukan oleh seorang bràhmaóa dikenal sebagai Pañca Mahà Yajña yaitu:
1.   Deva Yajña - pemujaan kepada dewa-dewa
2.   Brahmà Yajña - pemujaan kepada dewa Brahmà
3.   Pitå Yajña - pemujaan kepada leluhur
4.   Bhùta Yajña - penghormatan kepada roh halus
5.   Nara Yajña - pelayanan kepada sesama manusia

Semua bràhmaóa sampai sekarang tetap melakukan tiga upacara penting dalam kesehariannya sebagaimana yang disyaratkan dalam Dharma Sùtra yaitu:
1. Upanayana - menerima benang suci pada saat remaja. Setelah upacara ini sang anak disebut sebagai Dvija (lahir dua kali)
2. Vivàha - pernikahan
3. Antyeûþi - upacara kematian (penguburan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar