Minggu, 17 Juni 2012

Surya


God Surya.jpgSùrya atau matahari, yang sering disamakan dengan Àditya, Sawitå dan Pùûan, adalah dewatà Vedik penting lainnya. Dia sangat cemerlang dan mengendarai kereta sangat indah yang ditarik oleh tujuh ekor kuda. 

Dia dibandingkan dengan seekor burung yang terbang dilangit dan dilukiskan sebagai permata langit. Dia memberikan sinar, menimbulkan siang dan malam, memberi kekuatan dan kekuasaan kepada mahluk hidup, yang menjadikannya aktif dan memusnahkan kemalasan dan penyakitnya.

Sawitå adalah aspek matahari sebelum terbit, yang meliputi segalanya dengan warna keemasan. Dia memantapkan orang-orang pada tempatnya masing-masing; memberi kehidupan dan energi serta menuntun mereka di jalan yang benar.

Mantra Gàyatrì yang terkenal itu dipersembahkan kepada Sawitå ini.
Aspek pendukung kehidupan dan pemelihara dari matahari ini dipersonifikasikan dan dipuja sebagai Pùûan; yang dilukiskan dengan sangat indah. 

Dia memusnahkan yang jahat dengan cakra yang dikenakannya. Dia memandang segalanya dengan pandangan yang sama. Dia sangat pemurah dan senantiasa siap melindungi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar